Senin, 17 Oktober 2011

SOCIAL MEDIA MARKETING

Dosen                      : Bapak Saeran

Mata Kuliah           : PTI

Nama                      : Abdul Hakim Alfiansyah

NIM                       : DTI 200916


SOCIAL MEDIA MARKETING

PENTINGNYA INTERNET DAN SOSIAL MEDIA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PR

Era globalisai sangat dipengaruhi oleh semakin berkembangnya zaman. Perkembangan yang terjadi tidak hanya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saja. Tetapi, perkembangn juga terjadi pada media massa. Seperti yang telah kita ketahui televisi, surat kabar, majalah, internet dan sebagainya itu adalah termasuk media massa. Media massa yang sekrang ini lebih berkembang daripada media masa yang lainnya adalah media massa online atau internet. Semakin berkembangnya media internet dan banyaknya jaringan social membuat sebua orang mengubah cara berkomunikasi mereka. Tidak tanggung-tanggung perubahan cara berkomunikasi terjasdi pada remaja, orang dewasa, ibu-ibu rumah tangga bahkan sampai orang-orang yang berkerja diberbagai bidang pekerjaan. Pengertian jaringan social itu sendi adalah alat atau sarana untuk berhubungan dan menjalin komunikasi dengan semua orang melalui dunia maya. Jaringan social yang sekarang ini banyak digunakan adalah facebook, twitter, blog, website, forum discussion dan lain sebaginya.
Perkembangan di dalam jaringan social ini adalah termasuk hal yang wajar, seiring bertambahnya kebutuhan dan kegiatan yang memerlukan koneksi internet. Sifat dari media social yang interaktif dan mendukung dalam berbagai kegiatan atau bidang pekerjaan. Karena alas an itulah yang paling membutuhkan social media adalah perusahaan dan media tradisional. Hal ini dikarenakan khusnya perusahaan profit maupun non profil harus mengerti dan memanfaatkan social media dalam seluruh kegiatan marketingnya. Salah satunya adalah Pubic Relations. Seorang PR harus mengerti dan memanfaatkan social media dengan baik. Hal ini dilakukan agar muncul sebuah suara komunitas dari salah satu social media yang digunakan oleh PR. Selain itu, jika sudah terjadi interaksi yang positif, bagi perusahaan profit akan lebih banyak mendapatkan keuntungan dalam memasarkan sebuah produk. Sehingga akan ada sebuah strategi marketing sehingga strategi tersebut dapat terjalankan dengan baik.


Media social yang paling berkembang cepat adalah blog dan twitter, disini berbagai kegiatan PR sangat padat dilakukan. Contohnya, berbagai promosi pemasaran produk, dan marketing, serta kampanye media social. Selain itu, mediao social juga berfungsi dalam kegitan kehumasan untuk menciptakan hubungan baik dengan masyarakat. Dalam aplikasi dan perkembangannya banyak yang menggunakan media ini sebagai cara satu cara untuk mengembangkan trend humas dalam sebuah perkembangan lingkungan media. Kebanyakan bagian humas sudah mempunyai bagian sendiri dan bertanggung jawab dalam urusan media social. Namun, dalam hal ini seorang humas boleh ikut campur terhadap content yang akan dimunculkan. Dalam artian humas juga turut bagian menjadi konseptir dalam sebuah media social.

Blog merupakan sebuah media social yang ada dalam format papan posting, yang banyak terdapat content yang didalamnya memuat sebuah informasi yang berhubungan kegiatan kehumasan, entah itu hanya sebuah kegiatan promosi atau kampanye social yang bersifat positif. Blog juga memberikan fasilitas komentar, sehingga jika seorang humas melakukan sebuah kampanye akan dapat dikomentari oleh semua orang. Jadi, seorang humas dapt menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan terciptalah sebuah citra dan reputasi yang baik. Sedangkan Twitter lebih mengarah seperti halnya sms. Hal ini dikarenakan twitter memiliki batasan dalam sebuah isi content. Dengan menggunakan twitter informasi yang didapatkan lebih cepat. Twitter jauh lebih cepat dan lebih luas dalam hal kemampuan penyebaran pesan.
PR pada akhirnya harus update dengan teknologi terbaru. Mereka harus terus mengikuti perkembangan teknologi. Bila sekarang sedang tren Twitter, maka mereka harus terjun ke dalamnya biar mengerti bagaimana sebenarnya Twitter itu. Apa yang bisa dilakukan, aplikasi apa saja yang ada di Twitter yang bisa mendukung pekerjaan mereka. Hal ini juga dilakukan untuk mengkomunikasikan merek produk yang akan dipasarkan nantinya. Sehingga, program-program PR dalam memasarkan produk dapat terjalankan dengan baik.
Jika seorang Pr melibatkan seluruh aktifitas dan kegiatannya dalam social media dunia PR akan memasuki dunia keemasan. Hal ini dikarenakan secara tidak langsung, PR membangun sebuah kepercayaan kepada public, dan juga dunia media social membawa PR langsung mengenai sasaran publiknya tanpa melalui pihak-pihak lain yang menghambat proses penyampaian pesan komunikasi.
PENGGUNAAN INTERNET DAN SOSIAL MEDIA BAGI PR:

 
Beberapa diantaranya yang bisa dilakukan praktisi PR melalui penggunaan Internet dan sosial media:
1. PR harus menyadari khalayak/public dapat mengakses semua Press Release atau News Release yang dikirimkan melaui internet atau sosial media seperti Facebook, twitter dan blog dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Hal ini mempermudah sebagian pekerjaan PR.
2. Public dapat mengakses homepage yang ada di World Wide Web (WWW)(bila perusahaan itu telah memilikihomepage). Dalam hal ini blog atau wesite benar-benar dimanfaatkan oleh PR.
3. PR dpat membuat Mailing List kepada publiknya. Mailing List adalah proses penyebaran informasi atau Press Release melalui email dan kontak yang ada di dalam email.
Keuntungan memanfaatkan media internet adalah untuk PR memperoleh kepercayaan atau dukungan public internal dan eksternalnya sebuah perusahaan. Hal ini dikarekan public bergantung pada PR dalam setiap penyampaian informasi bertita yang tidak biasa atau tidak diakses melalui media masa lainnya. Melalui internet dan berbagai sosial media, PR dapat menghemat biaya dibanding harus mengirim Press Release melalui Pos ataupun Faks.
Namun, dalam penggunaan internet, seorang PR tidak boleh mengabaikan media lain yang juga tak kalah pentingnya dengan media social. Media massa yang lain juga penting dalam penyampaian sebuah informasi, karena jika seorang PR mengabaikan media yang lain contohnya media televisi dan surat kabar. Maka, secara tidak langsung seorang PR tidak akan dapat menjalin hubungan yang baik terutama pada wartawan atau jurnalis. Hal ini akan mengakibatkan sebuah situasi pertentang atau adversarial situation antara PR dan jurnalis.
KEUNTUNGAN PR DALAM MENGGUNAKAN MEDIA INTERNET DAN SOCIAL MEDIA

 
Keuntungan PR dalam menggunakan internet/social media:
1. Informasi cepat sampai kepada public.
2. Bagi PR, internet/social media dapat berfungsi sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi dan promosi.
3. Siapapun dapat mengakses Internet.
4. Tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
5. Internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara langsung. Dalam artian pemanfaatan internet untuk mencipatakan forum diskusi.
TANTANGAN PR DALAM MENGHADAPI SOSIAL MEDIA

 
Tantangan PR dalam menghadapi social media :
1. Perubahan pelaku audience
Dalam setiap informasi, pemberitaan, atau pembuatan sebuah promosi akan berpengaruh terhadap perilaku audience. Produk yang mengecewakan atau cacat tak mudah ditutupi. Usaha untuk tidak membahas kekurangan dari sebuah produk akan berakibat pada penyebaran masalah.
2. Kecepatan perubahan medium di social media
Selama ini sudah banyak terjadi perubahan social media, yang dahulu frienster, kemudian facebook, dan yang masih baru-baru ini adalah twitter. Perubahan social media ini banyak membuat bingung public. Sehingga, rentan terjadi ketidak jelasan antara informasi yang disampaikan dengan jelas. 

 
SUMBER:
http://road-entrepreneur.com/social-media-marketing-apa-itu-aplikasi-manfaat-pr/
http://brithis30.blogspot.com/2011/06/pr-dan-social-media.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar